Email Marketing digunakan pada sebagian besar bisnis untuk menjalankan pemasaran dan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Mereka melakukan ini dengan mengirimkan buletin atau email promosi untuk menargetkan kelompok pelanggan.
Selain itu, pemasaran email marketing nyaman untuk bisnis karena mereka dapat mengirimkan pembaruan dan berita tentang perusahaan mereka kapan saja. Ini sangat berguna untuk usaha kecil yang tidak menjalankan akun media sosial atau memiliki halaman web yang didedikasikan untuk informasi pelanggan.
Pemasaran email marketing adalah platform ideal untuk kampanye pembuatan prospek karena langsung dan ditargetkan pada pembeli potensial.
Banyak strategi pemasaran email berfokus pada menghasilkan prospek untuk kampanye penjualan – secara khusus menargetkan orang-orang yang tertarik untuk membeli produk atau layanan kami.
- Advertisement -
Contoh Email Marketing
Selain itu, mengirimkan email promosi sering kali memiliki biaya per respons yang rendah karena tingkat respons yang tinggi yang biasanya dinikmati oleh surat langsung. Berikut sedikit contoh mengenai keuntungan menggunakan email marketing :
- Sebuah restoran dapat mengirim email promosi kepada anggota asosiasi komunitas atau kelompok lingkungan mereka. Ini berguna karena memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan konten email mereka berdasarkan minat masing-masing penerima.
- Sebuah restoran dapat mengirim email yang mempromosikanmenunya kepada mahasiswa lokal yang berlangganan majalah foodie sebagai audiens target mereka.
Ini berguna karena mahasiswa umumnya lebih mudah menerima promosi penjualan daripada demografi lainnya karena tingkat pendapatan mereka yang rendah dan kurangnya tanggung jawab keuangan.
Buletin Reguler Email Marketing
Pemasaran email marketing memiliki banyak manfaat yang menjadikannya strategi ideal untuk banyak bisnis kecil karena kebanyakan orang mengakses email melalui ponsel cerdas mereka, cukup mudah bagi audiens untuk menerima email promosi tanpa banyak berpikir.
Selain itu, mengirimkan buletin reguler membuat pelanggan mendapat informasi tentang berita perusahaan dan pembaruan mengenai pesanan yang telah mereka lakukan atau pesanan yang mereka tunggu konfirmasinya sebelum menempatkan diri.
Buletin reguler juga memungkinkan kalian membangun basis data pelanggan setia yang merespons positif pembaruan bisnis kalian dan dapat mempromosikan bisnis kalian secara langsung melalui saluran media sosial jika diminta oleh audiens target.
Banyak kampanye pemasaran email didasarkan pada penjualan langsung dan perolehan prospek. Ini karena pelanggan lebih cenderung menanggapi email daripada halaman web.
Namun, ada beberapa kelemahan pemasaran email marketing seperti kebanyakan orang memiliki ponsel cerdas dan menghapus email tanpa berpikir dua kali dan selain itu, mengirimkan buletin email dapat memakan waktu dan berulang. Tapi pada dasarnya, jika bisnis kalian melakukan pemasaran email marketing dengan benar, itu bisa sangat efektif dalam menghasilkan prospek penjualan baru untuk bisnis kalian.
Manfaat Positif Penggunaan Email Marketing
Kebanyakan bisnis juga menggunakan pemasaran email untuk menjaga pelanggan diperbarui pada berita perusahaan dan pembaruan mengenai pesanan mereka. Ini sangat berguna untuk usaha kecil dengan sumber daya terbatas yang tidak memiliki akun media sosial atau situs web yang didedikasikan untuk umpan balik dan keluhan pelanggan.
Ini juga bermanfaat bagi perusahaan yang ingin membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan pembaruan status pesanan atau waktu pengiriman tanpa mengharuskan pelanggan untuk login atau mendaftar ke situs bisnis. Mengirim buletin juga merupakan cara yang baik untuk membangun basis data kontak kamu karena kamu dapat menyertakan formulir kontak dalam pesan buletin reguler kamu.
Formulir kontak akan memungkinkan kamu pilihan dari non-pelanggan yang menginginkan informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan kamu serta pelanggan tetap yang menginginkan promosi tambahan atau penawaran khusus pada produk kamu.
Keuntungan yang paling jelas dari pemasaran email marketing adalah
- Saluran yang dapat diakses untuk komunikasi dengan audiens target kalian. Kalian dapat dengan mudah mengirim email ke individu atau perusahaan tanpa dikenakan biaya apapun.
- Membuat pemasaran email marketing ideal untuk membangun merek atau mempromosikan produk atau layanan kalian kepada pelanggan potensial.
- Individu dapat ditargetkan secara langsung dengan iklan kalian dengan memilih baris subjek dan konten yang relevan untuk setiap pesan.
- Mengirim spam email marketing tanpa pelanggan adalah pelanggaran yang dapat dihukum di bawah undang-undang federal dan negara bagian. Karena email berisi akses peraturan keselamatan truk mack (sms), mudah untuk mengirim pesan komersial secara legal melalui saluran.
- Ini membantu membangun basis pelanggan yang setia.
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan baru dengan mudah menggunakan alamat email yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
- Perusahaan dapat dengan mudah mengirim email mengenai pesanan atau informasi penagihan pelanggan – tanpa harus menghubungi pelanggan individu secara langsung.
- Ini mengurangi waktu yang dihabiskan untuk komunikasi internal dan memastikan perusahaan kamu menerima umpan balik pelanggan yang akurat.
- Pemasaran email marketing adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan pelanggan.
- Plus, kamu dapat dengan mudah melacak tanggapan ke kampanye email marketing kamu – memungkinkan kamu untuk lebih mempersonalisasi pesan pemasaran email kamu.
Sebagian besar pelanggan lebih suka menerima pembaruan penting melalui email daripada saluran sosial. Ini membuat pemasaran email ideal untuk kampanye penjualan langsung. Namun, kamu harus bereksperimen dengan baris subjek dan template yang berbeda sebelum meluncurkan kampanye kamu.
Pemasaran Email Marketing


Sangat penting untuk berkomunikasi dengan audiens target kamu melalui saluran pemasaran yang tepat.
Pemasaran email marketing adalah alat pemasaran yang kuat untuk bisnis.
Pemasaran melibatkan komunikasi dengan pelanggan kami melalui saluran yang berbeda seperti media sosial dan pesan teks. Pemasaran email adalah bentuk pemasaran yang paling umum digunakan dalam bisnis saat ini. Ini juga salah satu bentuk pemasaran yang paling efektif.
Pemasaran email marketing memungkinkan bisnis mengirim pesan ke banyak orang sekaligus.
Orang cenderung menjadi loyal kepada perusahaan tempat mereka membeli- dan email memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan bisnis. Pelanggan yang menerima email dari berbagai sumber dapat membuat keputusan pembelian menjadi lebih mudah.
Mereka dapat membandingkan harga, layanan, dan merek dan memilih yang paling cocok untuk mereka. Kalian juga dapat mengirim sejumlah besar informasi melalui email dalam waktu singkat.
Kalian tidak memerlukan keahlian tim utama atau mengakses perangkat lunak mahal untuk menjalankan kampanye pemasaran email yang efektif. Siapa pun yang memiliki ponsel cerdas dan koneksi internet dapat membangun basis data pelanggan setia yang menarik melalui kampanye email biasa.
Pemasaran email marketing adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan yang sudah ada atau potensial. Di masa lalu, sebagian besar bisnis mengirimkan surat pos ke pelanggan mereka. Namun, saat ini ada banyak keuntungan menggunakan pemasaran email dibandingkan surat pos.
Efek dari Email Marketing
Ini adalah saluran yang dapat diakses untuk kampanye penjualan langsung, pembangunan merek, retensi pelanggan, dan analisis data.
Mempekerjakan email marketing harian menghasilkan lebih banyak prospek dan pendapatan untuk bisnis tanpa persyaratan teknis untuk pelanggan atau target. Pemasaran adalah bagian integral dari kesuksesan bisnis apa pun.
Potensi Efek Positif
Beberapa efek positif yang ditawarkan pemasaran Email Marketing adalah kepada pemilik bisnis termasuk yang berikut ini.
- Menghemat biaya karena tidak memerlukan bahan mahal atau ruang terbatas waktu di kalender pemilik bisnis.
Sebaliknya, sebagian besar bisnis mengirim email marketing mereka langsung ke pelanggan dan klien melalui akun email pribadi mereka tanpa izin atau sepengetahuan mereka. Ini membebaskan waktu bagi pemilik bisnis untuk fokus pada aspek penting lainnya dari operasi mereka, seperti merancang produk atau layanan baru atau mengelola tugas karyawan. - Membantu bisnis menemukan pesan mana yang paling menarik pelanggan baru. Bisnis dapat dengan mudah menguji baris subjek, teks isi, dan ajakan bertindak yang berbeda untuk menemukan kombinasi yang paling efektif dalam menghasilkan penjualan baru.
- Teknik periklanan yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan klien mereka.
Beriklan menggunakan email itu nyaman dan murah – keduanya merupakan nilai jual utama bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan mereka. - Merupakan cara yang bagus bagi bisnis untuk menemukan pesan pemasaran mana yang paling efektif dalam menarik pembeli baru.
Pada akhirnya, semua orang mendapat keuntungan dari akses mudah ke informasi yang relevan saat mereka membutuhkannya!
Potensi Efek Negatif
Beberapa potensi efek negatif dari pemasaran email marketing yang harus dipertimbangkan ketika menerapkan strategi ini dalam bisnis kamu adalah
- Pertama, penting untuk tidak mengirim spam kepada orang-orang dengan email marketing promosi – terutama jika kamu menghubungi seseorang untuk pertama kalinya sebagai bisnis. Orang dapat melaporkan spam jika mereka menerima beberapa email dari bisnis dalam waktu singkat.
- Selain itu, orang yang kamu hubungi mungkin juga tidak tertarik untuk menerima pesan komersial di masa mendatang dari kamu.
Untuk menghindari masalah tidak tertarik untuk menerima pesan komersial, cari tahu siapa pelanggan potensial kamu sebelum memulai korespondensi bisnis dengan mereka. Setelah kamu mengidentifikasi prospek yang tertarik, sesuaikan email marketing kamu dengan hati-hati untuk memenuhi kebutuhan dan minat khusus mereka terhadap produk atau layanan kamu.
Jika dilakukan dengan benar, pemasaran email marketing dapat membawa manfaat besar bagi bisnis di seluruh dunia!